Ayat Poligami *

Barangkali, sebagian kaum wanita risih ketika membaca atau mendengar ayat ketiga surat an-Nisa’ tentang perintah Allah untuk berpoligami. Padahal, ayat tersebut sama sekali tidak mengandung anjuran untuk berpoligami, melainkan semata-mata mengandung penegasan untuk berlaku adil terhadap perempuan.

Jika diperhatikan dengan seksama, ayat 3 surat an-Nisa’ seutuhnya mengandung pesan-pesan berikut:

1. Jangan pernah berpikir menikahi gadis yatim yang berharta dengan niat menghabiskan hartanya, sebab itu merupakan sikap ketidakadilan terhadap wanita.

2. Jika terlanjur berpikir demikian, jangan perbaiki niatmu, melainkan urungkan saja niatmu itu secara total dan carilah wanita lain untuk kau nikahi; dua, tiga ataupun empat (masih banyak wanita lain yang dapat kau nikahi dan perlakukan secara adil).

3. Namun jika dikhawatirkan pula kau tidak dapat berlaku adil terhadap istri-istrimu nanti, maka urungkan pula niatmu untuk berpoligami dan cukup satu istri saja.

4. Jika masih saja dikhawatirkan tidak dapat berlaku adil terhadap istrimu yang satu itu (tidak memenuhi hak-haknya dengan baik), maka urungkan juga niatmu untuk menikah (jangan menikah sama sekali) dan carilah budak saja !!!

5. Yang demikian itu lebih dekat kepada sikap adil terhadap makhluk yang sangat dikasihi dan disayangi oleh Allah Swt. yakni wanita.

Maka jelaslah bahwa ayat 3 surat an-Nisa’ tidak mengandung anjuran mutlak untuk berpoligami secara liar tanpa batasan dan pertimbangan, melaukan -pada dasarnya- justru menghargai wanita dengan setinggi-tinggi penghargaan, menjaga hak dan perasaannya serta menegaskan kepada kaum laki-laki untuk bersikap adil terhadapnya. Itu intinya !!

_______________________

* Disampaikan di Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 1 Juli 2016, dihadiri Bpk. Sekretaris Daerah Prov. NTB dan pejabat-pejabat SKPD Lingkup Pemerintah Prov. NTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*