Meletusnya Gunung Barujari *

Baru-baru ini diberitakan bahwa gunung Barujari anak gunung Rinjani meletus. Ada yang mengatakan bahwa hal itu merupakan isyarat teguran dari Tuhan kepada warga Lombok. Benar atau tidak, hanya Allah Yang Maha Tahu. Akan tetapi, tidak salah apabila kita berintrospoksi diri, sebab dalam al-Qur’an Allah Swt. menegaskan bahwa kerusakan di bumi dan laut sesungguhnya diakibatkan oleh perbuatan manusia sendiri agar manusia dapat merasakan akibat dari perbuatannya itu sehingga ia segera kembali bertaubat kepada Allah Swt. (QS. ar-Rum: 41)

Allah juga mengingatkan bahwa apabila musibah menimpa seseorang, maka itu disebabkan oleh perbuatannya sendiri (QS. asy-Syura: 30). Dengan demikian, maka maksiat tidak hanya berakibat di akhirat, melainkan juga di dunia. Imam Ali pernah berkata: “Tidaklah bencana turun kecuali dengan sebab maksiat, dan tidaklah bencana itu diangkat oleh Allah kecuali dengan sebab taubat.” Karena itu, mari kita kembali kepada Allah dan mengajak semua warga Lombok untuk segera kembali kepada-Nya. Jika ada yang enggan bertaubat, maka kita doakan agar segera diambil saja oleh Allah, supaya Lombok menjadi tenang. Dalam sebuah hadits shahih disebutkan bahwa seseorang yang selalu berbuat maksiat apabila meninggal dunia, maka hamba-hamba Allah menjadi tenang, begitu pula negara, pohon maupun binatang.

Dengan meninggalkan maksiat dan melaksanakan taat, maka alam sekitar menjadi tenteram. Dalam surat Quraisy pun diingatkan untuk selalu mengabdi kepada Allah agar senantiasa dijauhkan dari kelaparan dan diamankan dari rasa takut. Jangan pula kita meremehkan ibadah apapun kendati terkesan ringan dan mudah. Misalnya, istighfar. Dalam al-Qur’an surat Nuh telah ditekankan bahwa istighfar dapat menurunkan hujan yang lebat dari langit, melimpahkan rezeki, memperbanyak keturunan, mempersubur sawah dan kebun serta mengalirkan sungai-sungai. Dalam surat al-A’raf juga diingatkan, apabila penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, maka Allah Swt. akan membukakan baginya segala pintu keberkahan dari langit maupun bumi. Demikian pula dalam surat ath-Thalaq, orang yang bertakwa akan menemukan jalan keluar dari segala problematika hidup serta mendapatkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka.

Sehingga, kiamat tidak akan tiba kecuali apabila di bumi sudah tidak ada lagi orang yang berzikir menyebut nama-Nya, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majah. Semoga ibadah, istighfar, taubat, iman dan takwa kita dapat ditingkatkan, agar pulau Lombok tenang, damai, tenteram, aman, makmur dan sejahtera.

________________________________

* Disampaikan di Masjid at-Taqwa Pancor Lombok Timur pada tanggal 9 November 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*