Khutbah Idul Adha 1439 H. *

Di hari raya Idul Adha ini, kembali kita mengingatkan satu sama lain untuk terus-menerus memelihara dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah Swt. melalui berbagai macam ibadah serta perbuatan mulia. Dan yang paling utama di antaranya adalah ibadah menyembelih qurban. Allah Swt. berfirman: “Dan hewan qurban telah Kami jadikan untukmu bagian dari syiar-syiar Allah. Padanya terdapat kebaikan bagimu sekalian.” (QS. al-Haj: 36) Allah juga berfirman: “Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah (antara lain dengan menyembelih qurban), maka itu adalah bagian dari ketakwaan hati.” (QS. al-Haj: 32) Dalam ayat lain, Allah pun mengatakan: “Bukanlah darah dan daging qurban yang sampai kepada Allah, melainkan ketakwaanmu lah yang sampai kepada-Nya (dengan sebab menyembelih qurban tersebut).” (QS. al-Haj: 37)

Para ulama menyebutkan bahwa orang yang menyembelih qurban sesungguhnya melakukan banyak ibadah sekaligus di waktu yang bersamaan. Antara lain ibadah silaturrahim. Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa ingin dimurahkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim.” Selain itu, ibadah lainnya adalah memuliakan tetangga. Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya.” Ibadah lainnya adalah memuliakan tamu. Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.” Ibadah lainnya adalah syukur. Allah Swt. berfirman: “Apabila kamu bersyukur maka Allah tambahkan nikmat bagimu.”

Dan yang tidak kalah utamanya adalah ibadah sedekah. Selain mendatangkan pahala yang berlipat ganda di akhirat nanti, sedekah juga sangat bermanfaat di dunia, bahkan sangat kita butuhkan untuk saat-saat ini. Al-Khathib al-Baghdadi meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Sedekah dapat mencegah tujuh puluh macam bala’.” Dan apabila bala’ telah turun maka sedekah pula lah yang dapat mengangkatnya, sebagaimana diriwayatkan oleh ad-Dailami dan ath-Thabrani bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Sedekah di pagi hari dapat mengangkat bala’.”

Mudah-mudahan dengan ibadah qurban yang kita laksanakan hari ini ataupun di tiga hari ke depan, maupun dengan sedekah yang dikeluarkan bagi yang tak mampu berqurban, Allah Swt. melindungi kita dari segala macam bencana dan menjauhkan kita dari bencana-bencana lain yang lebih besar. Amin ya Allah ya Robbal ‘alamin.

____________________

* Disampaikan di Masjid at-Taqwa Kel. Pancor Kec. Selong Kab. Lombok Timur Prov. NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*